Ad Code

Responsive Advertisement

Pemberdayaan KPM PKH 'Panen Perdana Serentak

Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah kecamatan Patampanua meliputi desa Mattiro ade, Leppangang, Pincara,Masolo, Kelurahan Teppo dan Kelurahan Tonyamang. Sebagai bentuk produktifitas sumber daya manusia pada KPM itu sendiri, Dengan metode memanfaatkan Lahan Pekarang yang ada. Disamping penerapan modul ekonomi sesuai modul yang ada di Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

Faktor capaian yang di harapkan adalah bagaimana dari setiap kelompok yang dibentuk bisa ikut bersama-sama, membajak, menanam, merawat dan panen bersama dari hasil tanaman mereka. Kemudian dari hasil yang mereka dapatkan bagaimana saldo kelompok mereka terbentuk karena usaha besar dimulai dari usaha kecil pada prinsipnya.

Adapun pilihan jenis tanaman yang mereka usahakan yaitu tanaman jangka pendek yang berumur antara 20 hari hingga satu bulan, sebagai salah satu altenatif agar KPM PKH itu muncul niat untuk berkebun yang semula tidak ada bakat dalam berkebun, akan tetapi berkat kerja sama diantara mereka dan saling bersama hingga muncul niat dalam berkebun dan memanfaatkan lahan pekarangan mereka.

Kemudian setelah tiga bulan berjalan program ini , maka langkah selanjutnya bagaimana setiap kelompok tersebut mengupayakan untuk berkebun dirumah masing-masing. sehingga ada dua program yang bisa mereka lakukan, Pertama ada program kelompok sebagi uapaya untuk pemasukan kas kelompok mereka, dan yang kedua program individu bertani dirumah masing-masing sebagai penyediaan pangan komsumsi untuk keluarga mereka. Diantara 20 Kelompok yang dibentuk sudah ada 10 yang sudah panen, dan kelompok yang lain sementara masih proses perawatan dan sebagian yang lain masih mencari lokasi lahan yang strategis. 

                                                  Foto : Panen kelompok Mekar KPM PKH


                                                             
Foto : Panen kelompok Mekar indah KPM PKH

 Program berkebun ini diharapkan dapat menular bagi KPM itu sendiri kemudian dapat memberikan contoh bagi masyarakat disekitar untuk memnafaatkan lahan pekarangan mereka sebagai upaya dalam mengonsumsi pangan yang bebas dari kimia, karena pada prinsip mengingatkan kepada mereka untuk tidak memberikan bahan kimia atau sering disebut peptisida atau bahan lainya. Jadi bagaimana KPM bisa terbebas dari bahan kimia dari hasil tanaman yang mereka usakan.

                                                        Foto : Panen kelompok Tani maju KPM PKH

 

 

                                                        Foto : Panen kelompok Mattaro ada KPM PKH

                                                    Foto : Panen kelompok Kebun Indah 01 KPM PKH

 

                                                               Foto : Panen kelompok Mekar KPM PKH

Dari Program kebun KPM ini semoga bisa menjadi rutinitas KPM PKH sebagai salah satu alternatif mengembangkan bakat, terutama dalam bidang pertanian, karna mayoritas  tanah yang begitu subur diwilayah KPM masing-masing, Walaupun beberapa kendala yang ditemukan seperti halnya beberapa KPM itu sendiri enggak melakukan kegiatan ini, tetapi kami selaku pendamping selalu mendorong mereka agar bisa produktif dari segi ekonomi dan tidak lagi bergantung kepada bantuan sosial agar mampu secara mandiri di tiap KPM PKH. Sesuai dengan nawa jita dari Program Keluarga Harapan dari Kementrian Sosial ini.

#KemesensosHadir #PKHPinrang

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar