Ad Code

Responsive Advertisement

Empat jenis Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

 

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) termasuk dalam program pemerintah yang berfungsi untuk menyalurkan dana bantuan atau bansos bagi keluarga kurang mampu.

Keluaran kartu KKS sendiri di keluarkan pemerintah berbagai macam funsinya, dan akan kami jelaskan secara rinci :

Pertama KKS PKH merupakan Kartu Keluarga Sejahterah lahiran karena Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Program Keluarga Harapan yang menjadi peserta PKH

Kedua KKS BPNT merupakan Kartu Keluarga Sejahtera lahiran penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi Keluarga Penerima Manfaat yang menjadi KPM BPNT.

Ketiga KKS SEMBAKO BPNT merupakan Kartu Keluarga Sejahtera lahiran penerima Bantuan sosial Sembako BPNT dimasa covid 19 diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat  yang menjadi KPM KKS Sembako BPNT.

Keempat KKS BPNT PPKM merupakan Kartu Keluarga Sejahtera disalurkan kepada KPM yang menjadi peserta Keluarga Penerima Manfaat dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dari jenis Kartu KKS tersebut masing-masing memiliki Kegunaan, Bagi pemilik Kartu KKS PKH terdapat 2 jenis bantuan didalam kartu KKS mereka, pertama menerima bantuan sosial berupa uang tunai sesuai komponen keluarga penerima manfaat yang bisa di tarik di bank himpunan bank negara (Himbara). Kemudian yang kedua pemilik KKS PKH juga mendapatkan Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

KKS BPNT hanya memiliki satu bansos yaitu hanya menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sesuai jenis paket sembako yang telah ditentukan nilai bantuan Rp 200.000-/bulan disalurkan melalui perbankan dan di Agen bansos yang ditunjuk di daerah masing-masing.

KKS Sembako BPNT sama hanya memiliki satu jenis bantuan yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sesuai jenis paket sembako yang telah ditentukan nilai bantuan Rp 200.000-/bulan disalurkan melalui perbankan dan Agen bansos yang ditunjuk di daerah masing-masing.

KKS BPNT PPKM juga terdapat satu jenis bantuan didalamnya yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sesuai jenis paket sembako yang telah ditentukan nilai bantuan Rp 200.000-/bulan disalurkan melalui perbankan dan di Agen bansos di daerah masing-masing.

Demikian penjelasan singkat terkait kepemilikaan kartu keluarga sejahtera (KKS)

Posting Komentar

0 Komentar