Ad Code

Responsive Advertisement

KPM PKH CEK SALDO BANSOS LEWAT HP, KENAPA TIDAK?

 

Kemajuan jaman yang disertai dengan pesatnya teknologi saat ini sudah tidak bisa dihalangi. Semuanya membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satu yang mengalami kemajuan teknologi itu adalah dunia perbankan. Transaksi perbankan yang dulunya masih dilakukan dengan cara konvensional seperti mengambil uang harus mendatangi bank dengan membawa buku tabungan kini bisa dilakukan dengan cara menarik tunai di mesin ATM atau Agen Bank terdekat dengan kartu ATM.

Seiring waktu berjalan kemajuan itu makin tak terbendung lagi. Transaksi yang bisa dilakukan melalui mesin ATM atau Agen Bank kini pun bisa dilakukan melalui HP milik para nasabah bank yaitu dengan memanfaatkan layanan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking. Para nasabah bank bisa memilih layanan yang sudah disediakan oleh bank sesuai dengan kebutuhan nasabah itu sendiri.

KPM PKH sebagai bagian dari nasabah bank juga berhak mendapatkan layanan tersebut. Cara mengaktifkan layanan itu pun cukup mudah, yaitu dengan cara mendatangi pihak bank penyalur terdekat. Alamat bank penyalurnya ada dalam buku tabungan milik KPM PKH. Sebagai catatan khusus, proses ini tidak boleh diwakilkan oleh orang lain. Proses pendaftaran ini juga tidak dipungut biaya. Semuanya gratis dan syarat lain yang harus dibawa oleh KPM PKH adalah sebagai berikut :

1. Membawa KTP Asli
2. Membawa buku tabungan
3. Membawa KKS
4. Membawa HP yang nomornya masih aktif dan akan daftarkan untuk diaktivasi.

Keuntungan yang bisa diperoleh oleh KPM PKH jika menggunakan layanan perbankan ini adalah sebagai berikut :

1. SMS Banking (Layanan Bank Melalui SMS)
    Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS Banking, antara lain:
    a. Informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.
    b. Informasi kartu kredit.
    c. Transfer dana dan pembayaran.

Fiturnya lebih sederhana dan dalam menggunakan tidak membutuhkan jaringan internet. Sepanjang ada sinyal HP untuk mengirimkan SMS kepada pihak bank maka transaksi di atas dengan mudah bisa dilakukan oleh KPM PKH. Biaya yang diperlukan relative lebih murah dan dipotong dari pulsa telepon yang ada di HP milik KPM PKH itu sendiri.

2. Mobile Banking / M-Banking (Layanan Bank Melalui Aplikasi HP)
Fitur-fiturnya lebih banyak dari SMS Banking dan dalam menggunakannya membutuhkan jaringan internet karena aplikasi Mobile Banking hanya bisa digunakan jika ada jaringan internet .

Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan via m-banking:
    a. Transfer antar rekening dan antarbank.
    b. Pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan.
    c. Pembelian voucher dan e-commerce.
    d. Informasi rekening dan kurs.

Sebagai pengaman transaksi, m-banking biasanya menerapkan sistem OTP (One Time Password) yang dikirim via SMS ke ponsel yang bersangkutan. Sistem ini juga hanya berfungsi pada kartu SIM yang telah didaftarkan.

3. Internet Banking / I-Banking (Layanan Bank Melalui Internet)
Sebenarnya layanan Internet Banking hampir sama dengan Mobile Banking, hanya saja bedanya layanan Internet Banking bisa digunakan melalui berbagai jenis perangkat yang lebih lengkap seperti HP, Tablet, komputer seperti PC (Personal Computer) atau Laptop.

Sejumlah fitur yang ditawarkan I-Banking pada umumnya, antara lain:
a. Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, informasi kurs dan lain-lain.
b. Transfer dana, baik antar rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.
c. Pembayaran, baik itu pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.

Dari ketiga fasilitas layanan di atas, sepertinya KPM PKH lebih cocok menggunakan fasilitas SMS Banking jika memang tujuannya hanya untuk mengecek apakah uang bantuan sosial PKH nya sudah masuk dalam rekening atau belum. Selain fiturnya lebih sederhana, jenis HP yang digunakan pun tidak perlu menggunakan HP Android. Cukup menggunakan HP Candy Bar alias HP Jadul sederhana, KPM PKH bisa menggunakan layanan SMS Banking asal nomor HP nya aktif dan ada pulsanya.

Yang harus diketahui oleh KPM PKH, meski layanan tersebut bisa diakses melalui HP milik KPM PKH, tetap saja dalam menarik uang bantuan tunai PKH itu KPM PKH harus melakukannya di mesin ATM atau Agen Bank terdekat karena HP bukan mesin yang bisa mengeluarkan uang bantuan tunai PKH yang sudah masuk. Namun setidaknya KPM PKH tidak perlu bolak – balik ke ATM atau Agen Bank hanya untuk cek saldo apalagi sampai menitipkan KKS PKH nya ke orang lain karena itu sangat berbahaya dan menitipkan KKS ke orang lain sangat tidak dianjurkan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya dan untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi CS (Customer Service) masing – masing bank penyalur di wilayah anda.

 

#Sumber : Guruh Andrianto


Posting Komentar

0 Komentar