Ad Code

Responsive Advertisement

Istilah Keterangan Penerima Bansos Di DTKS

 



Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan data didalam yang memuat baik calon penerima bansos maupun sebagai peserta penerima bansos yang ada saat sekarang ini. Seperti apa bansos dalam pembacaan didalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berikut penjabarannya :

  1. OMSPAN adalah online monitoring sistem perbendaharaan anggaran negara, hanya sampai masuk kedalam tahap aplikasi omspan. 
  2. GAGAL OMSPAN merupakan gagal masuk aplikasi omspan untuk monitoring transaksi sebelum masuk ke bank himbara di karenakan datanya bermasalah bisa dikarenakan nama di KK/KTP dengan Butab berdeda. 
  3. SI adalah Standing Intruction, permasalahan ini kemensos sudah meminta bank untuk mencairkan tetapi ada perbedaan data antara Bnak dengan Data Kependudukan. 
  4. EXCLUDE hal ini Tidak cair pada periode tersebut dikarenakan adanya data yang tidak lengkap. 
  5. EXCLUDE PEKERJAAN hal ini tidak cair pada periode tersebut di karenakan adanya data pekerjaan yang tidak sesuai dengan data kependudukan atau ada anggota rumah tangga yang terdeteksi PNS/TNI/POLRI/PENSIUNAN dll. 
  6. EXCLUDE TIDAK LAYAK DAERAH hal ini tidak cair pada periode tersebut di karenakan hasil dari ketidaklayakan. 
  7. EXCLUDE MENINGGAL hal ini Tidak cair pada periode tersebut di karenakan terdeteksi meninggal setelah adanya pemadaman antara kemensos dengan kemendagri. 
  8. TIDAK TRANSAKSI Tidak melakukan transaksi ditahap sebelumnya. 
  9. PROSES SPM hal ini Kemensos sudah mengeluarkan SURAT PERINTAH MEMBAYAR kepada Bank Himbara pusat dan nantinya akan ada yang masuk ke SP2D/sukses SPM atau tidak cair dikarenakan data berbeda. 
  10. SUKSES SPM Bank sudah sukses melaksanakan surat perintah membayar dari kemensos. 
  11. PROSES BUREKOL Proses pembukaan buku rekening dari Bank Himbara pusat. 
  12. TIDAK LAYAK GIS hal ini tidak layak dari hasil SAGIS 
  13. SK/CALON PENERIMA BANSOS hal ini sudah masuk ke dalam  SK tahap 3 
  14. OVERLAP SDM KESOS hal ini Tercatat Tercatat sebagai pendamping yang ada di kementrian sosial baik ittu tagana,TKSK,PPKH, dan peksos. 
  15. KETERANAGN hal ini Gagal omspan/gagal pembukaan rekening dikarenakan data berbeda antara bank dengan kemendagri 
Dengan keterangan yang ada di atas maka kita bisa mengetahui penyebab dari pada pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), baik KKS BPNT,SEMBAKO dan PKH bantuan mereka tidak lancar atau bahkan tidak masuk dengan mengambil keterangan diatas di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada aplikasi SIKS (sistem informasi kesejahteraan sosial.


Posting Komentar

2 Komentar

Ai_wati mengatakan…
Bagaimana cara mencari solusi jika ada masalah salah satu diatas, misal SI (Standing Intruction) atau Sudah SPM ? Terima kasih.
ABDUL HALID ZAKARIA mengatakan…
Bagaimana dengan KPM yg keterangan SP2Dnya SI tapi sudah Cair Dananya. Sedangkan yang Keterangan SP2Dnya SPM masih belum masuk rekening dananya.??