Ad Code

Responsive Advertisement

Fiks Malam ini Final Closing Tahap 4 Tahun 2021 Program Keluarga Harapan


 

Program Keluarga Harapan merupakan program bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Indonesia. Final Closing (FC) merupakan langkah akhir dari setiap kegiatan tahapan dalam alur Program Keluarga harapan.

Final Closing Tahap 4 ini menyisihkan ragam masalah yang dihadapi para Pendamping PKH, Sebab begitu masih banyak data yang belum padan bahkan anggota rumah tangga (ART) KPM belum masuk dalam list dikarenakan ada dua hubungan aplikasi pekerjaan yang sungguh menguras tenaga yakni SIKS-Ng.

Aplikasi SIKS-Ng sendiri merupakan manajemen untuk proses perbaikan dan pengusulan baru data Basis Data Terpadu (BDT) yang mana didalamnya juga terdapat modul untuk perbaikan dan pengusulan data Bantuan Sosial Pangan (BSP) non PKH. 

Kita kembali Final closing tahap 4 tahun 2021, Selanjutnya langkah dari hasil final ini, akan menjadi aCuan tiga bulan kedepan dalam penetapan penyaluran. Dimana awal babak baru dalam menjalangkan komitmen dari setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Akan tetapi proses pemutakhiran data tetap berjalan setiap saat ketika ada perubahan dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Hasil penetapan final closing saat ini, kami selaku pendamping menerima hasil yang ada dari setiap wilayah dampingan kami. Segala kekurangan dari data hasil akan mengupayakan perbaikan sesuai petunjuk yang berlaku saat sekarang ini, perubahan data besar-besaran guna mendapatkan data yang akurasi sesuai dengan rancangan kementrian sosial.

Sebagai tambahan Final closing sendiri adalah hasil final dari pemutakhiran data peserta PKH di setiap tahapnya. Dalam satu tahun ada 4 tahap sehingga ada 4x final closing setiap tahunnya. Data Final Closing menjadi acuan penerbitan surat keputusan penetapan kepesertaan dan penyaluran bantuan sosial.

Sasaran selanjutnya, Menjalani hasil dari final closing sebagai salah satu kelanjutan dari bisnis PKH itu sendiri, dimana sama-sama memahami Program Keluarga Harapan atau PKH memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial;  
  • Mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan
    keluarga miskin dan rentan;  
  • Menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian Keluarga Penerima
    Manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta
    kesejahteraan sosial; dan  
  • Mengurangi kemiskinan dan kesenjangan.  
  • Mengenalkan manfaat produk dan jasa keuangan formal kepada
    Keluarga Penerima Manfaat. 

Akhirnya hasil final closing kali ini, bagi teman-teman SDM PKH dimanapun berada selamat merintis awal baru kembali. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalani tugas yang diberikan kepada kita.

Salam..... 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar