Ad Code

Responsive Advertisement

Sumber Data Penerima Beras Pangan Alokasi Januari - Februari 2024


Penyaluran Beras pangan yang sebelumnya di ketahui, bantuan beras 10 kg pertama kali diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan Maret 2023 lampau. Sebagai salah satu upaya menekan laju kenaikan harga beras yang terus melonjak sejak Agustus 2022 silam.

Bulan Januari - Februari  tahun 2024 bansos Beras Pangan masih di salurakan namun yang di temui di lapangan yakni nama penerima beras pangan alokasi bulan Januari - Februari Justru berbanding terbalik dari data nama yang tercatat sebagai penerima bansos beras pangan tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, Untuk daftar penerima bantuan pangan beras tahun ini, data yang digunakan adalah data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) milik Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Sebelumnya, sumber data yang digunakan berasal dari Kementerian Sosial.

Data P3KE ini merupakan gabungan dari data BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), data BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, dan data BPJS Ketenagakerjaan

Proses verifikasi diperlukan mengingat terjadi perubahan data KPM program bantuan pangan 2024 yakni pemerintah memutuskan menambah penerima menjadi total 22 juta. 

Untuk alokasi penyaluran beras pangan masih di berikan kepada Bandan Pangan Nasional  dan disaluran oleh Bulog dengan anak perusahaan PT Jasa Prima Logistik BULOG (atau biasa disingkat PT JPLB ) adalah anak Perusahaan Perum BULOG, yang berdiri sejak tanggal 31 Januari 2013. Dengan Metode aplikasi Astrid JPLB yang digunakan oleh petugas desa/kelurahan dalam penyaluran beras pangan untuk tahun 2024.

 

 


Posting Komentar

0 Komentar