Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)



Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) adalah sekumpulan orang yang menyatukan diri dalam usaha-usaha di bidang sosial ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya serta masyarakat yang berada di sekitarnya. KSM sebagai sebuah organisasi masyarakat kecil akar rumput.

KSM dibangun dengan motif solidaritas yang berkomitmen untuk pengembangan sosial ekonomi, dengan pendekatan pengembangan komunitas (community development). Kelompok Swadaya Masyarakat adalah wahana untuk saling belajar-mengajar, identifikasi masalah, pengambilan keputusan, mobilisasi sumberdaya, dan komunikasi dengan pihak lain.

Pengertian lainya kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang merupakan kumpulan orang atau masyarakat yang dipilih dan bersedia menyatukan diri secara sukarela dalam kelompok dikarenakan adanya kepentingan dan kebutuhan yang sama, sehingga dalam kelompok tersebut memiliki tujuan yang sama untuk dicapai.

Tugas dari KSM tersebut sebagai tim pelaksana swakelola adalah melakukan sosialisasi program kepada masyarakat, menyusun perencanaan, melaksanakan pekerjaan fisik, mengawasi atau memonitor, supervisi, mengelola kegiatan pembangunan dan membuat laporan pertanggungjawaban. 

Pembentukan KSM yang mandiri dan mumpuni merupakan usaha untuk memberikan dampak positif dari Penyelenggaraan KSM, kehadiran KSM di masyarakat, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun kemasyarakatan atau politik. Dari segi sosial kehadiran KSM diharapkan sebagai sumber pengetahuan dan keterampilan, identifikasi masalah,dan integrasi sosial.

Dalam bidang ekonomi, kehadiran KSM diharapkan sebagai wadah untuk pemupukan modal, pengembangan usaha, kesempatan kerja, dan peningkatan pendapatan. Sedangkan dalam bidang kemasyarakatan atau politik, kehadiran KSM diharapkan menjadi media untuk menyadari hak dan kewajiban, partisipasi pembangunan, dan menjembatani kesenjangan. KSM diharapkan menjadi salah satu kelompok yang berkontribusi besar dalam gerakan revitalisasi desa, mendukung Desa Membangun, bukan sekadar Membangun Desa!

Pada tahap awal kegiatan KSM sebagai pelaksana swakelola mengangkat tim swakelola untuk melaksanakan pekerjaan swakelola, yang terdiri dari tim perencana, tim pelaksana, tim pengawas, dan panitia pengadaan. Selain itu juga membentuk dan mengangkat panitia pengadaan untuk melakukan pengadaan barang atau jasa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan swakelola.

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) merupakan bagian integral dari lembaga kemasyarakatan yang aktivitasnya berorientasi pada penanggulangan kemiskinan mempunyai peranan sebagai:

1)    sarana proses perubahan sosial, yaitu sebagai pendorong terjadinya perubahan paradigma, pembiasaan praktek nilai-nilai baru, cara pandang baru, serta melembagakannya dalam praktek kehidupan sehari-hari;

2)    Wadah pembahasan dan penyelesaian masalah, yaitu dengan cara menyelesaikan masalah bersama berdasarkan konsensus;

3)    Wadah aspirasi, yaitu dengan cara menerima, membahas dan menyalurkannya setiap keinginan anggota;

4)    Wadah penggalang tumbuhnya kepercayaan dalam rangka membangun hubungan yang baik dengan pihak lain;

5)    Sumber ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan yang lainnya

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar