Ad Code

Responsive Advertisement

Syarat Pembentukan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A/IP3A)



 Syarat Pembentukan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A/IP3A)

Perkumpulan Petani Pemakai Air yang selanjutnya disingkat P3A adalah Perkumpulan dari petani untuk menampung kepentingan dan kegiatan petani secara bersama dalam mengelola Air Irigasi dalam satu atau lebih petak sawah tersier, Daerah Irigasi Pedesaan dan Daerah Irigasi Pompa;

Forum Koordinasi P3A merupakan wadah koordinasi dari dua P3A atau lebih dalam satu Daerah Tata Pengairan yang dibentuk atas dasar kebutuhan dan kepentingan bersama; Irigasi sendiri merupakan Usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian. Dimana Daerah Irigasi adalah kesatuan wilayah yang mendapat air dari satu jaringan irigasi.

Pengertian Jaringan Irigasi :

  1. Jaringan Irigasi adalah saluran dan bangunan yang merupakan satu kesatuan dan diperlukan untuk pengaturan air irigasi mulai dari penyediaan, pengambilan, pemberian dan penggunaannya.
  2. Jaringan Irigasi Pedesaan adalah jaringan irigasi yang pembangunan, pendayagunaan dan pemeliharaan jaringannya dilaksanakan oleh para petani;
  3. Jaringan Irigasi Pompa adalah jaringan irigasi yang sumber airnya berasal dari air tanah dan atau air permukaan yang dinaikkan dengan menggunakan pompa beserta perlengkapannya dan tenaga penggerak yang luas arealnya dipersamakan dengan petak tersier.
  4. Jaringan Irigasi Kecil adalah jaringan yang luas arealnya kurang dari 500 Ha.
  5. Jaringan Tersier adalah jaringan irigasi yang berfungsi sebagai prasarana pelayanan Air di dalam petak tersier yang terdiri dari saluran pembawa yang disebut saluran tersier, saluran pembagi yang disebut kwartor dan saluran pembuang berikut saluran bangunan turutan serta pelengkapnya, termasuk Jaringan Pompa.
  6. Jaringan Reklamasi Rawa adalah keseluruhan saluran baik primer, sekunder maupun tersier dan bangunan yang merupakan satu kesatuan, beserta bangunan pelengkapnya, yang diperlukan untuk pengaturan, pembuangan, pemberian, pembagian dan penggunaan air. 

Untuk modul dan pemberdayaan P3A bisa donwload disini


Posting Komentar

0 Komentar